Apa Sih Bidang Pekerja Sosial Media ?
Di era digital ini muncul jenis pekerjaan yang dulunya dianggab tidak wajar namun sekarang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk lebih dekat dengan para konsumennya sekaligus sebagai media marketing, jenis-jenis pekerja dibidang sosial media seperti sosial media manajer, admin sosial media, sosial media officer, sosial media analis, dll dan semua jenis pekerjaan tersebut disebut sosial media spesialis.Sosial Media specialist bukan hanya sekedar tukang posting di sosial media kemudian berhenti disitu tapi lebih dari itu sosial media specialist menganalisa setiap postingannya.
Apa Saja Yang dilakukan Sosial Media Specialist ?
Sosial media specialist adalah salah satu posisi didunia marketing yaitu digital marketing tidak hanya dari sisi postingan tapi juga analisis-analisisnya untuk mengukur hasil apakah sebuah postingan konten itu efektif atau tidak, bukan hanya memposting apa saja yang lagi tranding tapi melihat faktor-faktornya kenapa orang mau menyukainya, mengesharenya dan berkomentar terhadap konten tersebut kemudian dari analisis-analisis tersebut membuat sebuah konten yang dianggab menarik dengan pertimbangan reputasi perusahaan yang dibawa pada sosial media, bagaimana kita menempatkan diri sebagai suara perusahaan lewat sosial media.Kemampuan Apa saja Yang perlu untuk Sosial media Specialist ?
+Yang paling penting harus memiliki jiwa analisis yang bagus karena dibutuhkan untuk menganalisa data bukan kita aktif disosial media lalu kita menjadi jago dalam menganalisa sosial media karena sensitif kita dibutuhkan terhadap postingan yang dianggab bagus dan membaca reaksi orang terhadap postingannya tersebut karena belum tentu postingan bagus mendapatkan respon yang bagus pula itu beda dengan hanya kita sekedar aktif saja pada sosial media+Harus tahu data karena data yang kita perhatikan sangat banyak dan kita harus bisa menafsirkan data-data tersebut
+ Impresion adalah pengaruh terhadap pikiran atau perasaan orang lain yang kita ciptakan sehingga menimbulkan kesan yang kuat dipandangan orang lain. Impresi ini sangat penting untuk mendapatkan audiens yang royal terhadap kita, impresi ini bisa kita dapatkan bila bisa menjadi sesuatu yang beda dan menimbulkan rasa penasaran atau bahkan rasa kagum.
+Engagement adalah komunikasi dua arah, untuk memastikan posting-postingan kita efektif dan relevan untuk pengikut sosial media kita karena pertumbuhan jumlah follower kita bisa berbanding terbalik dengan interaksi-interaksi pada postingan sosial media kita, perlu di ingat harus konsisten untuk memberikan impresi pada audiens sosial media kita.
untuk menghitung efektifitasnya engagement dapat lihat pada academy.getcraft.com
Bentuk-bentuk engagement |
+Up to date terhadap isu-isu terkini sekaligus dapat membaca what people think!
Bagaimana Memulai Melakukan Social Media Specialist ?
Dengan pertumbuhan sosial media di Indonesia
1.Memilih Sosial media yang tepat
Memilih sosial media yang tepat untuk bisnis anda jangan setengah-setengah memilih jenis sosial media karena waktu anda tidak akan cukup untuk fokus setiap konten yang anda bikin, akun anda akan sepi pengunjung karena algoritma sosial media sekarang semakin ketat dan persaingan semakin banyak dengan pertumbuhan sosial media di Indonesia yang besar penting bagi kita menentukan segmentasi pasar konten kita agar konten kita benar-benar efektif.+Facebook : akun sosial media yang memiliki jumlah pengikut terbanyak dan memiliki user dari semua kalangan tinggal kita menentukan user yang cocok menjadi pengikut kita, tergantung sasaran konten kita dan kuatnya konten kita pada bidang apa saja.
+Instagram : gunakan instagram bila demografis dari kalangan anak muda milenial dan konten kamu adalah media foto dan video. Tingkat interaksi pada sosial media instagram sekarang cukup besar.
+Linkedin : sosial media ini sangat cocok untuk interaksi B2B (bisnis ke bisnis) karena memudahkan kita mencari orang dengan jabatan tertentu beserta data-data perusahaannya.
+Youtube : Media sosial dengan pengguna terbanyak dari semua kalangan, gunakan youtube bila kamu mencari audiens baru karena di youtube orang lebih mudah melakukan pencarian dan gunakan youtube bila konten kamu kuat pada konten video.
+Twitter : gunakan twitter bila usaha kamu ingin selalu dekat dengan para pelanggan karena pada sosial media ini lebih aktif melakukan percakapan dan konten yang paling kuat pada media sosial ini adalah berupa teks.
Sebelum menentukan sosial media mana yang akan kita pilih lebih baik melihat data-data pengguna sosial media sehingga memudahkan kita menganalisa mana yang lebih cocok dengan konten-konten kamu yang akan dibuat.
Dari data diatas pengguna sosial media yang paling aktif ada pada youtube karena para pengguna youtube lebih sering melakukan pencarian konten apa yang mau mereka lihat tanpa batasan dia menjadi pengikut siapa.
Kemudian kita melihat data usia dan gender pengguna sosial media yang paling aktif sehingga kita bisa mencocokan dengan selera mereka.
Dari data diatas kita dapat melihat bahwa pengguna sosial media paling banyak pada rentang usia 18-34 tahun dengan jumlah pengguna di dominasi pria.
2.Strategi konten
tahap ini lebih sulit karena kita menganalisa seberapa efektif konten kita untuk para audiens mengalami peningkatan atau tidak bila meningkat apakah ada dampak terhadap brand yang kita bawa.
- Penentuan Tujuan
+ Peningkatan penjualan kita
+Tempat pengaduan bisnis kita
+Membagikan informasi tentang bisnis kita
Tentukan tujuan sosial media kita sehingga setiap konten kita tidak bercampur sehingga membuat bingung pengikut kita dan agar fokus menjaring orang yang sesuai dengan bisnis kita sehingga menjadi pengikut yang royal.
- konten yang berkualitas
Post a Comment
add your massage to every single people do comment here!