Penyebab Munculnya Keluwing


Pernah kan menjumpai pada musim penghujan tiba-tiba banyak bermunculan berbagai macam serangga salah satunya serangga yang memiliki banyak kaki atau biasa disebut keluwing. Bahkan sering kali jumlahnya sangat banyak sehingga sangat mengganggu terlebih bagi orang-orang yang takut serangga.

Dalam sebuah berita bahkan ada wabah bermunculannya kaki seribu di Australia Selatan yang mencapai jutaan sehingga para warga memanggil pasukan pembersih serangga.

Serangga ini sebenarnya tidak berbahaya karena senjata mereka adalah bau yang tidak sedap untuk menghindari dari predator namun dengan banyaknya kaki seribu yang bermunculan akan mendatangkan predator alami mereka yaitu lipat. Lipat memiliki bisa yang cukup beracun bagi manusia.

Meskipun nama “Millipede” berarti “kaki seribu,”  faktanya tidak ada kaki seribu yang mencapai angka kaki berjumlah tersebut. Rekor kaki paling banyak berjumlah 750 dari spesies Illacme plenipes. Jumlah kaki yang sangat banyak tersebut disebabkan karena setiap segmen tubuhnya memiliki dua pasang kaki. Satu segmen tubuh tersebut sebenarnya adalah dua segmen yang tergabung menjadi satu, inilah yang menjadi ciri-ciri utama hewan ini. 

Kaki seribu ini jarang kita jumpai pada saat musim kemarau panas dan kering karena mereka bersembunyi didalam tanah karena makanan pokok dari kaki seribu adalah sampah daun, jamur dan kayu busuk. Ketika hujan membasahi tanah baru serangga ini keluar untuk menghindari tergenang air.

Mencegah Kaki Seribu Masuk Rumah

  1. Membersihkan halaman dari sampah sisa-sisa daun atau rerumputan. Karena kaki seribu ini memakan tanaman yang sudah lapuk sebagai makanan utama mereka sehingga menyukai tempat yang banyak tanaman yang sudah mulai membusuk.
  2. Berikan akses sinar matahari pada tumpukan tanaman karena lahan atau rumah yang sering didatangi oleh hama ulat kaki seribu mengindikasikan bahwa lingkungan yang lembab. Sebaiknya sering-sering membuka jendela rumah atau memberi lubang angin yang cukup agar sinar matahari dapat masuk ke dalam.
  3. Bersihkan rumah dengan karbol atau obat pel. Hama kaki seribu tidak menyukai bau yang menyengat, karena itulah gunakan karbol atau pembersih lantai lainnya untuk mengepel dan menghadirkan bau yang tajam seperti bau pine di rumah.
  4. Pemberian insektisida atau kapur semut pada halaman rumah dapat mencegah masuknya kaki seribu.
  5. Jika jumlah hama kaki seribu tidak terkendali berikan furadan yang efektif membunuh serangga tetapi harus hati-hati karena merusak kesuburan tanah.

Efek Buruk Kaki Seribu

Meski kaki seribu dapat menyuburkan tanah namun tidak seefetif cacing tanah malah jumlah yang berlebihan dapat merusak lingkungan karena serangga ini akan memakan akar tanaman yang masih muda sehingga membuat tanaman tersebut mati. Selain itu kehadiran serangga ini mengundang pemasang alamiahnya yaitu lipan atau kelabang yang berbahaya karena memiliki bisa yang beracun. ulat ini mengeluarkan semacam lendir apabila orang tidak tahan dengan lendir tersebut akan membuat gatal-gatal karena alergi.

Meski aktif di malam hari, kaki seribu tertarik pada cahaya, kondisi yang menjelaskan mengapa mereka sering terlihat dalam jumlah besar di dinding berwarna terang.







Post a Comment

add your massage to every single people do comment here!

Previous Post Next Post